Info Sekolah
Minggu, 14 Jul 2024
  • Tema Akademi dapat menampilkan informasi dalam text berjalan

Screening Kesehatan Siswa, Guru dan Pegawai

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah / Kesehatan

KELAPA KAMPIT– SMK N 1 Kelapa Kampit, bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kelapa Kampit, melakukan kegiatan screening (deteksi dini terhadap penyakit), pada Siswa, Guru dan Pegawai.

Kegiatan yang diberi nama screening Kesehatan Remaja Terhadap Penyakit Tidak Menular ini, diikuti oleh semua siswa, dari kelas X, XI semua jurusan, serta guru dan karyawan, yang berlangsung pada hari Kamis (21/10/2021).

“Penyakit tidak menular ini, meliputi, hipertensi, gula darah, diabetes melitus, pertumbuhan dan perkembangan anak, serta kesehatan mata” jelas tim Puskesmas

Tujuan dari screening ini, untuk mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan siswa, guru dan pegawai apakah ada yang terkena penyakit tidak menular tersebut. Jika sudah diketahui, maka pencegahan dan penanganan bisa dilakukan segera.

Screening ini dilaksanakan di Ruang Guru bagi Guru dan Pegawai, serta di masing-masing kelas bagi para siswa.

Beberapa pemateri dari Puskesmas Kelapa Kampit juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi remaja dan obat-obatan, yakni, Sri Mundjayah, AMd.Keb, Tim Gizi, Tim Farmasi.

Dari Puskesmas dikirim 13 orang tenaga medis yang terdiri dari dokter umum, bidan, dan perawat, Tim Gizi, Farmasi, Labor, dll. Mereka melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan teliti dan penuh kesabaran.

Ada 200-an siswa yang mengikuti kegiatan screening ini. Mereka berasal dari  jurusan yang ada di SMKN 1 Kelapa Kampit yaitu: Akuntansi, TKJ, DPIB dan Perhotelan.

Adapun materi screening tersebut terdiri dari:

  1. Pemeriksaan kesehatan mata/penglihatan
  2. Pemeriksaan kesehatan telinga/pendengaran
  3. Pemeriksaan kesehatan alat Reproduksi
  4. Pemeriksaan kesehatan dan status gizi
  5. Pemeriksaan kesehatan gigi.

Bagi para siswa sendiri, kegiatan screening kesehatan ini banyak keuntungannya, antara lain mereka bisa mengetahui kondisi kesehatannya dan penyakit yang mungkin dideritanya sedini mungkin.

Semoga kegiatan seperti ini terus rutin dilaksanakan, terutama demi memantau dan menjaga kesehatan generasi muda. Karena kesehatan adalah salah satu modal untuk berprestasi. Bila generasi muda kita sehat dan berprestasi, maka masa depan bangsa ini juga akan cemerlang.       Tetapkan gambar unggulan      

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar